TEKNIK DALAM MEMBUAT ANIMASI

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang sejarah dari animasi. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang teknik-teknik dalam pembuatan animasi. Berbagai macam teknik membuat animasi cell, frame, sprite, spline, path, karakter, dan masih banyak lagi. Saya akan membahas beberapa saja tentang teknik pembuatan animasi. Teknik terpopuler yang sering digunakan orang dalam membuat animasi, yaitu animasi cel, animasi frame by frame, dan animasi karakter.

  • Animasi cel
    Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi ini adalah kartun kartun jaman dulu yang sering kita tonton. Yang sekarang sudah diblokir oleh beberapa stasiun tv nasional seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse, Detektif Conan, dll,

    Tom and Jerry sebenarnya sebuah gambar diam yang disusul dengan cel cel.\
    Cell pertama, yaitu Tom
    tom
    Cell kedua yaitu Jerry
    jerry
    Cell ketiga adalah latar
    3
    Cel tersebut bergerak secara bersamaan sehingga membuat gambar terlihat hidup. Begitulah teknik pada animasi cel

  • Animasi frame by frame
    Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukkan. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe. Teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.

    4
    Gambar di atas merupakan salah satu contoh dari teknik animasi frame by frame. Setiap frame mempunyai sedikit perbedaan kemdian disusun menjadi satu kesatuan yang membuat gambar tersebut seolah-olah bergerak.

  • Animasi karakter
    Inilah teknik animasi zaman sekarang berbasis 3 dimensi atau yang biasa disebut dengan animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya dipindai dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3DS Max, dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editing video, penambahan special effects, dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah.

    5
    Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut. Seperti animasi di film Monsters Inc., Despicable Me, Toy Stoiry, dan lain sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s