HUBUNGAN ANTARA SIM DENGAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Hubungan antara SIM dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi

Pada blog ini, saya akan membahas tentang hubungan antara SIM dengan Manajemen Layanan SI/TI. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu SIM.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang hasilnya akan digunakan sebagai keperluan manajemen.

Menurut saya, fungsi SIM adalah:
  1. Menyediakan informasi yang digunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  2. Menyediakan informasi yang digunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
SIM ternyata merupakan hasil perpaduan dari berbagai Sistem Informasi yang lain. Sistem-sistem yang membangun SIM yang saaya dapat dari sebuah artikel adalah sebagai berikut.
  • Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System) > Menyediakan informasi dan transaksi keuangan
  • Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System) > Menyediakan informasi penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan pemasaran
  • Sistem Informasi Manajemen Persediaan (Inventory Management Information System)
  • Sistem Informasi Personalia (Personal Information System)
  • Sistem Informasi Distribusi (Distribution Information System)
  • Sistem Informasi Pembelian (Purchasing Information System)
  • Sistem Informasi Kekayaan (Treasury Information System)
  • Sistem Informasi Analisis Kredit (Credit Analysis Information System)
  • Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangan (Research and Development Information System)
  • Sistem Informasi Analisis Software (Software Analysis Information System)
  • Sistem Informasi Teknik (Engineering Information System)
Setelah kita membahas SIM, sekarang kita bahas tentang Manajemen Layanan SI/TI dan hubungannya dengan SIM.
Layanan SIM dirasakan oleh user yang tak lain dan tak bukan adalah customer.
Beberapa proses ITSM yang saya kutip dari artikel adalah sebagai berikut adalah:
  • Bagaimana menjaga keseimbangan antara bisnis layanan teknologi informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan customer
  • Melayani dengan teknologi informasi yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai dengan keefektifan teknologi informasi yang diberikan
  • Membina kerja sama yang baik antara pihak supplier dan customer dengan tidak saling mengecewakan dan dapat memberikan layanan yang terbaik
  • Membina dan melayani dengan tingkat kemampuan melayani yang sebaik-baiknya customer yang nantinya akan mempengaruhi kepuasan yang akan didapatkan customer tersebut.
Advertisements

One thought on “HUBUNGAN ANTARA SIM DENGAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s